Friday, January 25, 2013

Apa sih bedanya Paduan Suara sama Vocal Group ?



Siapa sih yang tidak tahu paduan suara dan vocal group ? kelompok-kelompok musik ini mulai menjamur di berbagai belahan dunia. Bagi sebagian orang yang tidak begitu mengenal musik, padus alias paduan suara tidak ada bedanya dengan vocal group. Tapi nyatanya, kedua kelompok musik ini punya beberapa perbedaan. Berikut beberapa perbedaannya :    
  • Dilihat dari jumlah anggotanya, vocal group mempunyai anggota yang lebih sedikit dari paduan suara, yaitu kurang lebih 5-10 orang dengan 1-2 pemusik sedangkan paduan suara jauh lebih banyak (bisa lebih dari 20 orang). 
  •  Pembagian suaranya ,jika di vocal group suara dibagi menjadi suara 1,2,3, dst sesuai kemampuan dan kecocokan suara masing-masing; di paduan suara, suaranya dibagi menjadi 4 suara berdasarkan frekuensi suara penyanyi yaitu Sopran, Alto, Tenor,dan Bass atau dengan satu suara saja (unisono). 
  •  Pada paduan suara dipimpin oleh seorang dirigen yang sekaligus sebagai pelatih ,sedangkan pada vocal group tidak ada dirigen. 
  •  Dari segi aransemen lagu,c group aransemennya lebih bebas. 
  •  Dari segi alat musik pengiring vocal group tidak hanya memakai alat musik akustik saja tetapi juga boleh menggunakan alat musik elektrik.Kalau paduan suara biasanya menggunakan iringan piano.Tetapiseiringperkembanganjaman, alatmusikpengiringpaduansuarasudahmulaibebas.Pada paduan suara terkadang tidak diiringi dengan alat musik, yang disebut sebagai a cappella, ada yang diiringi satu atau beberapa alat musik, dan ada pula yang diiringi satu orkestra penuh.


 


Oleh : Ignasia Ivana XI-IA4/2

1 comment: