Friday, January 25, 2013

Jenis – Jenis dan Definisi dari Paduan Suara



                   Pengertian paduan suara adalah Penyajian musik vocal yang terdiri dri 15 orang atau lebih yang utuh dan dapat menampakan jiwa lagu yang dibawakan.
Paduan suara biasanya dipimpin oleh seorang dirigen atau choirmaster yang umumnya sekaligus adalah pelatih paduan suara tersebut. Umumnya paduan suara terdiri atas empat bagian suara (misalnya sopran, alto, tenor, dan bas), walaupun dapat dikatakan bahwa tidak ada batasan jumlah suara yang terdapat dalam paduan suara Bila menyanyi dengan satu suara, paduan suara tersebut diistilahkan menyanyi secara unisono.
                    Paduan suara dapat bernyanyi dengan atau tanpa iringan alat musik. Bernyanyi tanpa iringan alat musik biasanya disebut sebagai bernyanyi a cappella. Bila bernyanyi dengan iringan, alat musik pengiring paduan suara dapat terdiri atas alat musik apa saja, satu, beberapa, atau bahkan suatu orkestra penuh.
                    Untuk latihan paduan suara, alat pengiring yang digunakan biasanya adalah piano, termasuk bahkan jika pada penampilannya digunakan alat musik lain atau ditampilkan secara a cappella.
Paduan suara sendiri punya beberapa jenis antara lain:
1.       Berdasarkan  banyaknya jenis suara:
a.        Paduan Suara UNISONO yaitu Paduan suara dengan menggunakan satu suara.
b.      Paduan Suara 2 suara sejenis, yaitu paduan suara yang menggunakan 2 suara manusia yang sejenis
c.       Paduan Suara 3 sejenis S – S – A, yaitu paduan suara sejenis dengan menggunakan suara Sopran 1, Sopran 2, dan Alto.
d.      Paduan Suara 3 suara Campuran S – A – B, yaitu paduan suara yang menggiunakan 3 suara campuran ,  contoh : Sopran, Alto Bass.
e.       Paduan suara 3 sejenis T- T – B, yaitu paduan suara 3 suara sejenis pria dengan suara Tenor 1, Tenor 2, Bass.
f.        Paduan Suara 4 suara Campuran, yaitu paduan suara yang mengguanakan suara campuran pria dan wanita, dengan suara S – A – T – B. Sopran, Alto, Tenor, Bass.
2.       Berdasarkan jenis pemainnya:
a.       Paduan suara anak
          biasanya terdiri atas dua suara SA atau tiga suara SSA, atau kadang lebih dari itu.
b.      Seperti orkestra simfoni,
 Sebuah simfoni paduan suara dipimpin oleh konduktor. Para anggota paduan suara simfoni biasanya ditempatkan sesuai dengan jangkauan vokal, seperti sebuah orkestra diatur ke dalam beberapa bagian dari instrumen
c.       Paduan suara opera
Paduan suara opera biasa bermain pada pertunjukan opera. Dan anggota paduan suara  ikut terlibat dalam adegan opera sambil diiringi backing choir.








Heraldo  XI-IA4/32

No comments:

Post a Comment