Friday, January 25, 2013

Bernyanyi Membantu Kita dalam Hidup Sehari-Hari

Musik adalah bagian dari kehidupan kita yang susah dipisahkan dan tersedia dimana-mana untuk penghiburan kita. BGM(Background Music) dalam acara-acara di TV dan film adalah bukti bahwa musik mampu meningkatkan atmosfir di dalam kehidupan menjadi lebih berwarna.

Nyatanya, musik, terutama menyanyi, memiliki beberapa pengaruh yang kuat untuk tubuh kita baik secara jasmani maupun rohani. Dengan belajar menyanyi, kita telah membuka berbagai kesempatan dan pengaruh positif yang bisa kita gunakan untuk mempermudah kehidupan kita sehari-hari.

Dalam bukunya yang berjudul: “Music Education for High Schools”, Arthur E. Ward mengatakan bahwa seorang siswa tidak akan sia-sia dalam mempelajari seni menyanyi. Walaupun ia tidak pernah akan menjadi seorang penyanyi, siswa yang bersangkutan dapat memiliki tubuh yang sehat sebagai hasil dari studi menyanyinya. Hal ini disebabkan karena, untuk menghasilkan produksi nada yang baik diperlukan fisik yang baik, serta kesehatan yang kondusif. Siswa tersebut akan diajarkan bagaimana membentuk postur yang baik, cara mempergunakan otot-otot perutnya, mengembangkan tubuhnya, serta cara melakukan pengendalian nafas. (sumber:http://magiccowsapiajaib.blogspot.com/2011/08/mengapa-penting-belajar-menyanyi_7438.html)

Bagi jasmani, bernyanyi dapat memberi manfaat sebagai berikut:
1. Menjadikan Pernapasan Lebih Baik
Saat bernyanyi Anda menggunakan seluruh tubuh untuk bernapas dengan lebih santai. Otot diafgragma akan melengkung ke bawah, paru-paru mengembang lebih lengkap. Otot perut yang lebih santai memungkinkan tubuh bernaps lebih aktif dan sehat.

2. Mengoksidasi darah
Ketika Anda menggunakan seluruh tubuh untuk bernapas, volume oksigen yang mengaliri seluruh tubuh akan makin besar. Sel-sel tubuh yang dialiri oksigen berfungsi lebih baik dan menciptakan energi baru bagi pemiliknya.

3. Mengurangi stres dan meningkatkan sistem imun tubuh
Ketika Anda merasa senang, tingkat stres menurun. Endorfin membantu mengurangi stres dan gelisah. Saat menyanyikan sebuah lagu dengan perasaan mendalam, tubuh bernapas lebih dalam dan memperlambat denyut jantung serta mengurangi kecemasan berlebihan. Saat stres, buang kepenatan dengan menyanyikan lagu-lagu kesukaan dan bergembiralah. Ada juga kesempatan untuk meningkatkan sistem imun tubuh dari pengurangan stres tersebut.

4. Menciptakan suara yang bertenaga
Profesi pembicara, presenter, guru, pendeta atau dalam bisnis terkait penjualan akan mendapatkan keuntungan dari belajar menyanyi. Suara merupakan instrumen penting. Bernyanyi memberi Anda keahlian berbicara dengan suara bertenaga, kuat dan percaya diri yang terpancar dari suara. Semua manfaat itu bisa dirasakan dari teknik menyanyi yang benar.

Bagi rohani dan intel, bernyanyi dapat memberi manfaat sebagai berikut:
1. Melepaskan hormon bahagia
Hormon endorfin yang dikeluarkan saat bernyanyi bermanfaat menciptakan rasa senang dan kebahagiaan dengan memicu saraf dan fisik. Suara indah Anda tidak hanya akan menghibur orang lain tetapi menciptakan rasa damai dan kebahagiaan.

2. Membangun kepercayaan diri
Jika berbicara di depan umum masih merupakan ketakutan utama Anda, mulailah dengan bernyanyi di karaoke dengan sahabat dan orang terdekat. Bernyanyi membangun rasa percaya diri karena Anda menjadi orang yang sangat terbuka. Bila Anda telah berani berbagi suara dan musik, Anda akan lebih mudah mengatasi ketakutan Anda.

3. Meningkatkan memori
Bernyanyi membuat Anda sedikitnya harus membaca atau menghafal saat mempelajari melodi baru, lirik dan musik kompleks. Cara ini bagus merangsang wilayah otak yang terlibat dengan memori, belajar dan konsentrasi.

4. Meningkatkan kreativitas
Saat Anda membangun rasa percaya diri dan merangsang jiwa seni dengan bernyanyi secara bersamaan Anda juga menumbuhkan jiwa kreatif Anda. Anda akan keluar dari kotak dan menjadi seorang produktif dan inovatif.

5. Merangsang aktivitas otak
Bernyanyi memerlukan pemikiran. Saat bernyanyi, Anda perlu mengikuti lirik, melodi dan irama, serta kata-kata yang menghubungkannya dengan emosi. Saat bernyanyi udara akan banyak mengalir ke otak pada bagian neuron yang mengintegrasikan aktivitas fisik, emosional dan psikologis untuk merasa gembira.
(Sumber:http://yoscelina.wordpress.com/2011/02/07/manfaat-bernyanyi/)

Dari berbagai manfaat di atas, sudah jelas bahwa musik dan bernyanyi juga berpengaruh dalam peningkatan kesehatan lahir dan batin kita sehari-hari. Menyanyi adalah bahasa universal manusia dan siapapun bisa melakukannya secara alami. Oleh karena itu kita berinsting bahwa menyanyi adalah sesuatu yang menyenangkan dan terkadang kita terdorong ke sesama untuk bernyani bersama. Hal ini di sekolah Sinlui ditunjukkan dengan jumlah ekskul yang berkaitan dengan musik dan menyanyi seperti paduan suara, musik liturgi, dsb. Saya juga senang melihat teman-teman kelas xi-ia4 yang berkumpul waktu istirahat dan menyanyikan lagu populer saat ini. Tidak lupa juga dengan musik klasik yang diputar pagi-pagi sebelum doa pelajaran mulai.

Bisa dilihat musik berada dimana-mana dan tujuannya untuk menunjang hidup kita apalagi di sekolah Sinlui. Mari kita terus pertahankan aktivitas kita sebagai hal yang kita banggakan terus menerus.






 Patrick Susilo   XI-IA4/27

No comments:

Post a Comment