Friday, January 25, 2013

UKS Sinlui



   SMAK St. Louis 1 Surabaya, yang akrab disebut Sinlui mempunyai sebuah ruangan dimana merupakan pusat kesehatan sekolah. Ya, UKS-lah namanya. Ruangannya tidak terlalu besar, berukuran sekitar 10 x 4 meter. Ruang UKS ini terbagi menjadi 2 ruangan, bagian depan dan bagian belakang. Di bagian depan, tampak seperti ruang kerja, dimana terdapat banyak dokumen dan meja. Selain itu, juga terdapat 3 buah tempat tidur bagi para siswa / guru yang sedang sakit dan kursi panjang. Di bagian dalam, terdapat 2 buah tempat tidur, beberapa rak yang penuh dengan berbagai jenis obat – obatan, serta satu set beserta kursi alat pemeriksa gigi. Ruang UKS sangat steril, bersih dan sejuk sehingga banyak anak – anak yang “ngadem” di sini, terutama anak – anak yang tergabung dalam organisasi UKS.

                Ruang UKS ini dikelola oleh 2 orang staff, mereka adalah bu Evi dan bu Dita. Selain itu, Sinlui juga mempunyai seorang dokter. Tetapi, beliau tidak selalu datang tiap hari. Selain itu, kegiatan UKS sehari – hari juga dibantu oleh beberapa murid yang tergabung dalam organisasi UKS. Mereka semua dipilih dari proses penyeleksian. Saya juga termasuk dalam anggota UKS angkatan 2012 – 2013. Para anggota UKS ini dibina oleh seorang guru kimia, Bu Ina namanya. Mereka ditugaskan untuk mengajak teman – teman yang lain untuk menjaga kebersihan sekolah serta menjadi penolong bagi teman – teman mereka yang sedang sakit. Terkadang, mereka juga ikud dalam berbagai kegiatan penghijauan, seperti eco – school di penghujung tahun 2012 silam.

                Tiap semester, UKS selalu mengadakan pemeriksaan terhadap siswa – siswi maupun guru di Sinlui. Pemeriksaan yang dilakukan biasanya terhadap gigi, mata, fisik dan lain – lain. Pemeriksaan biasanya dilakukan oleh bu Evi, bu Dita, dan dokter. Selesai pemeriksaan, mereka mencatatnya dalam kartu laporan kesehatan.

                Demikianlah, beberapa informasi tentang UKS di Smak St. Louis 1. Yuk, bersama – sama mari kita wujudkan Sinlui yang hijau dan sehat sehingga sekolah kita terbebas dari ancaman berbagai penyakit. Tuhan memberkati.







Oleh: Reinard Eka Putra   XI-IA4/ 20

1 comment: