Friday, January 25, 2013

Rumah Kompos



Rumah kompos di SMAK St. Louis 1 Surabaya dibangun pada akhir tahun 2012, bersamaan dengan dibangunnya greenhouse dalam rangka mengembangkan sekolah untuk menjadi sekolah yang lebih hijau. St. Louis pernah membangun rumah kompos sebelumnya, dan pembangunan rumah kompos ini, bersamaan dengan dibangunnya greenhouse dapat memberikan kesadaran keluarga Sinlui untuk menghidupi kehidupan yang lebih ramah lingkungan.

Dibangun pada akhir tahun 2012 untuk mendukung partisipasi Sinlui dalam Surabaya Eco School, yaitu sebuah program yang memacu sekolah-sekolah di Surabaya untuk menjadi sekolah yang ramah lingkungan. Di dalam rumah kompos terdapat bahan-bahan untuk membuat kompos berupa sampah-sampah organik, karung-karung berisi pupuk kompos yang sudah jadi, dan mesin giling yang digunakan untuk menggiling sampah organik yang akan dijadikan kompos.

Bahan-bahan organik yang dikumpulkan banyak berupa daun-daun kering yang disapu di dalam sekolah, dan sekolah membeli sayur-sayur sisa dari pasar tradisional untuk mempercepat pembusukan. Sampah-sampah yang telah disusun sedemikian rupa akan dibiarkan membusuk selama 2 minggu sampai menjadi pupuk kompos yang dapat digunakan pada tanaman.
Selain rumah kompos, pemilahan sampah dan greenhouse juga dibangun untuk sarana partisipasi dalam Eco School.







 Jeremy Gunawan   XI-IA4/39

No comments:

Post a Comment