Friday, January 25, 2013

Tips Agar Dapat Menyanyi Dengan Baik



Sudah merasa menguasai teknik bernyanyi tapi belum bisa bernyanyi dengan baik? Ikuti 3 tips sederhana berikut agar kualitas suara lebih bagus dan dapat bernyanyi dengan baik!

Tips 1: Banyak minum air putih.
Air putih terkenal dengan manfaatnya yang begitu luar biasa dalam hidup kita lalu mengapa kita perlu minum air putih agar dapat bernyanyi dengan baik? Jawabannya adalah karena pita suara kita bergetar dengan sangat tinggi ketika kita bernyanyi, maka minum air putih akan membuat pita suara kita tetap basah.

Tips 2: Banyak makan buah dan sayur.
Buah yang mengandung kadar air tinggi seperti apel, pir, semangka, melon, anggur, dan sebagainya dapat membantu pita suara kita tetap basah.

Tips 3: Jangan merokok!
Seperti yang kita tahu, merokok sangatlah berbahaya bagi kehidupan kita. Begitu juga bagi para penyanyi. Para penyanyi sebaiknya menghentikan kebiasaan merokok. Merokok dapat meningkatkan resiko kanker organ pernafasan. Kanker ini akan menghalangi kita untuk bernyanyi. Selain itu, asap yang dihasilkan rokok juga bisa menyebabkan iritasi pada pita suara kita.

Tips 4: Jangan menyalahgunakan suaramu!
Sebagai penyanyi, hendaknya kita menjaga suara kita. Hindari berteriak di ruangan ribut dan penuh orang. Bila ingin berbicara di ruangan yang luas dan penuh orang, gunakan pengeras suara. Terlalu banyak berteriak akan menyebabkan suara serak. Suara serak ini disebabkan karena iritasinya pita suara kita. Bila anda terpaksa berteriak, usahakan setelah berteriak anda diam sejenak agar otot suara kita bisa relaksasi karena saat kita berteriak, akan terjadi ketegangan otot suara kita.

Tips 5: Usahakan otot leher dan tenggorokan tetap rileks meskipun sedang menyanyi nada tinggi.
Ketika kita melihat beberapa penyanyi sering mengangkat kepala ketika menyanyi nada tinggi dan menunduk ketika menyanyi nada rendah. Mengapa demikian? Jawabannya adalah para penyanyi tersebut menghindari tegangan yang berlebih pada otot. Jika terjadi tegangan berlebih untuk waktu yang lama bisa menyebabkan turunnya jangkauan nada suara.



 

Marcellina   XI-IA4/35

No comments:

Post a Comment