Friday, January 25, 2013

Tips dan Trik Bernyanyi Seriosa yang Baik

Ketika ditanyai apakah jenis music yang orang-orang sukai, kebanyakan menjawab pop, jazz, ataupun rock. Kebanyakan orang tidak menykai aliran music seriosa. Hal ini dikarenakan susahnya menggunakan head voice (suara tinggi). Akan tetapi, penyanyi seriosa Putri Ayu pasti memiliki cara-cara atau teknik-teknik yang baik untuk dapat bernyanyi seriosa dengan baik. Nah, berikut ini akan saya berikan teksik khusus agar kalian dapat bernyanyi seriosa dengan baik.
Yang pertama adalah teknik pernapasan. Teknik pernapasan sangatlah penting untuk diperhatikan terutama saat menyanyikan par lagu bernada tinggi. teknik pernapasan yang paling benar dan baik ialah “pernapasan diafragma”. Teknik pernapasan diafragma ialah teknik yang paling tepat digunakan pada saat bernyanyi, karena pada waktu mengambil napas, sekat rongga badan atau diafragma mengembang. Tepatnya diafragma terletak antara rongga dada dan perut. Selain itu, pernapasan diafragma juga membantu penyanyi seriosa untuk dapat memproduksi vocal lebih kuat dan tidak mudah lelah bagi kita saat menyanyi.
Yang kedua ialah teknik pengucapan. Pengucapan mempunyai tujuan agar lafal yang keluar dari mulut kita sesuai dengan kondisi atau ucapannya. Lafal atau ucapan yang tepat akan memberikan pengertian kepada pendengar. Agar lafal atau ucapan dapat dihasilkan dengan baik, benar, dan indah, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan :
  1. Posisi tubuh atau sikap badan tegap dan rileks, muka harus menghadap ke depan.
  2. Posisi mulut ketika menyanyi haruslah tepat yang menentukan volume suara, kejelasan lirik, vokalisasi, dan sebagainya.
  3. Intonasi. Kejelasan lirik harus diperhatikan karena seringkali lagu seriosa yang kita bawakan adalah lagi italia yang ejaan dan pembacaannya harus betul-betul diperhatikan.
  4. Suara. Kita harus mengetahui ambitus suara karena hal ini menentukan seberapa jangkauan wilayah nada kita (vocal range).
Demikianlah teknik bernyanyi seriosa yang dapat saya anjurkan kepada teman-teman sekalian. Saya berharap kalian dapat memanfaatkannya dan menjadi penyanyi seriosa handal ! :D
Thanks for your attention !





Darryl Lirngan  XI-IA4/5

3 comments: