Friday, January 25, 2013

Open Choir Performance



Kali ini, siswa-siswi kelas XI mendapatkan pengalaman menarik dalam rangka pengambilan nilai seni musik. Tidaklah mudah membentuk satu grup musik yang beranggotakan 40 orang. Mengaturnya saja bisa sangat melelahkan, manakala harus mampu menampilkan musik dengan baik. Nah, beginilah tantangan yang diberikan P. Julius kepada seluruh murid kelas XI.

           Tahun-tahun sebelumnya, belum pernah diadakan tampilan musik kelas di tempat terbuka. Dengar-dengar sih, sebelumnya hanya diadakan di tangga besar gedung A, dimana siswa-siswi kelas XI tampil sekelas untuk pengambilan nilai. Kali ini, pengambilan nilai dibuat lebih menantang dan menarik. Seluruh murid kelas XI harus tampil di panggung dekat Pohon Cinta sambil disaksikan oleh kelas lainnya selama istirahat. Tujuannya, ujar P. Julius, adalah untuk melatih rasa percaya diri dan kesiapan murid menjelang misa untuk mengawali kegiatan UAS gasal. Dan karena ini merupakan bentuk penilaian, maka setiap siswa harus benar-benar serius karena kalau asal-asalan, pastinya nilainya juga asal-asalan pula.

            Setiap kelas harus menampilkan dua lagu dari 5 pilihan. Lagu-lagu yang dinyanyikan semuanya bertemakan kerohanian, antara lain : Bless The Lord, Confitemini Domino, Kuduslah Bapa, Kutemukan Cinta, dan Hallelujah To The Lamb. Satu kelas harus memiliki satu manager yang mengatur kinerja dan membimbing setiap anggota, satu asisten yang membantu kerja manager, satu dirigen yang mengkoordinasi jalannya paduan suara kelas selama bernyanyi, pemain-pemain instrument, dan anggota lainnya yang terbagi menjadi 4 suara : Soprano, Alto, Tenor, Bass. Di sinilah susahnya kerja manager, asisten, dan dirigen, yaitu memecah suara menjadi empat. Apalagi satu kelas belum tentu semuanya berpengalaman dalam hal diversitas suara. Untungnya, P. Julius sudah membagikan teks musik dengan pemecahan suara. Setidaknya dengan itu, mengatur kelas menjadi lebih mudah.

            Apa sih manfaatnya diberikan tugas seperti ini? Banyak sekali manfaat yang dapat diambil dari pembelajaran musik ini, dari menambah pengalaman, pendidikan karakter, dan juga bagi yang suka bernyanyi tetapi merasa kurang bisa, dari tugas paduan suara ini bisa saja menjadi lebih baik dalam musik. Tak ada ruginya kan?






Bell XI-IA4 / 26

No comments:

Post a Comment