Friday, January 25, 2013

Vokal Group Asal Indonesia, “WARNA”



Tak kalah dari negara lain, Indonesia pun memiliki grup vocal berprestasi asal ibukota kita Jakarta. Grup itu tak lain adalah WARNA, yang beranggotakan 5 individual yang memiliki peran masing-masing, yaitu Sarwana Thamrin-tenor-, Steven Kurniawan Tamadji-baritone-, Victoria Margareta-mezzosopran-, Ira Pangesti Haryono-sopran-, dan yang terakhir Adsary Zinnia Rugebregt-alto-. Grup ini dibentuk pada tahun 1994 oleh Tamam Husein, ayah dari Nina Tamam-yang merupakan mantan anggota dari grup ini- dan masih aktif hingga sekarang ini. Pada awalnya, vocal grup ini hanya tampil di kafe-kafe saja, tetapi, lama-kelamaan grup ini mulai merambah ke kompetisi internasional.

Mereka mencetak prestasi internasional terlebih dahulu sebelum menjerumusi dunia entertainment Indonesia. Lagu mereka, “Haruskah”, yang merupakan lagu ciptaan Steven Tamadji, mendapatkan Grand Prize “The Third Philipines International Song Writing Competition” pada November 1997. Setelah mereka mendapatkan penghargaan itu, Sony Music pun menerbitkan album rekaman WARNA, “Dalam Hati Saja” yang beredar Agustus 1998. Setelah itu, mereka juga mendapatkan berbagai macam penghargaan lain, seperti The Best R&B Album - Anugrah Musik Indonesia, The Most Favorite Vokal Group - Aneka Magazine Readers Choice, Zanzibar Award for Rindu Ini - Zanzibar Café Jakarta, The Best R&B Song - Anugerah Musik Indonesia, The Best R&B Grup - Anugrah Musik Indonesia ,Artis Berprestasi - Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi pada tahun 1998 hingga 1999.

Setelah itu, album kedua mereka,  “Cinta” pun di-publish-kan dua tahun setelah album pertamanya dikeluarkan, yaitu pada tahun 2000. Tidak terhenti di itu saja, WARNA pun mengeluarkan album-album mereka hingga 2009. “The Best of  adalah album ke-3 mereka yang dikeluarkan pada tahun 2003, sedangkan  Warna With Friends dikeluarkan pada tahun 2006. Album mereka yang terbaru adalah  Warna yang keluar pada tahun 2009.






Agatha Judith Enrica
XI IA 4/13      

No comments:

Post a Comment