Friday, January 25, 2013

Teknik Vokal Yang Baik dan Benar



Banyak sekali pertanyaan-pertanyaan seorang penyanyi calon penyanyi yang sebenarnya cukup simple, namun rumit yaitu bagaimanakah teknikvokal yang baik dan benar.Jika ditanya bagaimanakah teknik bernyanyi yang baik, tidak banyak orang yang bisamenjawabdenganmudahdipahamioleh orang lain. Ada yang mengatakan harus dariperut, daritenggorokan, pernapasan melalui mulut, dll.Sementara seorang pemula tidak akan mengerti dengan mudah perbendaharaan kata yang rumit seperti itu sementara mereka belum pernah bernyanyi!

Teknik vokal sendiri adau ntuk membuat kita bernyanyi dengan lebih mudah, membuat suara kita semakin jelas dan bertenaga, meningkatkan stamina dalam bernyanyi, dan yang paling penting mencegah kerusakan pada instrumen vokal kita masing-masing.

Menurutseorang guru besarvokal Indonesia, Indra Aziz, satukunci yang sangat penting mengenai teknik vokal yang baik dan benar adalah jika menyanyi menyakitkan, stop! Pasti ada yang salah dengan sesuatu.Entah itu teknik anda, atau entah instrumen vokal anda memang sedang bermasalah. Aturan utama dalam bernyanyi adalah sebelum dans esaat bernyayi,  anda harus relaks.Relaksakan mengoptimalkan pernafasan anda, dan memastikan tidak ada ketegangan otot yang tidak perlu dan membuang energi. Indra Aziz pula menyarankan pada semua penyanyi baik yang pemula maupun profesional untuk mencari seorang pelatih vokal untuk selalu mengingatkan anda untuk rutin berlatih dan menguatkan otot-otot instrumen vokal anda, demi terus meningkat kanperforma vokal anda dan kesehatan andas ecara umum.

Jadi, tidakadaalasanlagibagikitauntuktakutdanberhentibernyanyikarena kalian yang sudahmembacainisamasepertimendapatpengarahanlangsungdariseorang guru besarvokal Indonesia.

Go on, Sing up the world!





 Bernard Noventio    XI-IA4/15

No comments:

Post a Comment