Friday, January 25, 2013

Vocal Grup yang Menarik Hati



           Vocal group adalah sekelompok orang yang menyanyikan lagu secara kompak. Terkadang vocal group diartikan juga sebagai paduan suara, sebenarnya kedua hal tersebut memiliki perbedaan. Vocal group lebih mengarah pada aransemen musik yang bebas. Banyak kelompok yang mengimprovisasi lagu mereka begitu meriah, sebut saja Manhattan Transfer, kelompok vocal group yang beranggotakan 4 orang, yang mengaransemen ulang lagu Jingle Bells dengan begitu menarik untuk didengarkan.
            Kini vocal group dapat disebut juga dengan boyband atau girlband. Mereka menyanyikan lagu aransemen mereka dengan perbedaan suara yang berbeda walaupun hanya menyayikan suara satunya saja. Tetapi kelebihan boyband girlband ini adalah dari pemilihan beat yang mereka gunakan agar lirik dan suasana dari lagu mereka lebih terasa enak didengar. Cara menyanyikan lagu pada vocal group juga agak berbeda, terkadang ada yang menyanyikan solo dalam beberapa detik lalu kembali lagi menyanyikan lagu tersebut bersamaan. Hal ini dilakukan agar tidak terkesan monoton, karena bila mereka menyanyikan beberapa lagu secara bersamaan terus-menerus, pendengar juga tidak merasakan sensasi yang lain karena dapat mengenali kriteria pembawaan lagu mereka.
            Karena berkembangnya jaman, banyak vocal group yang juga menambahkan dance disetiap lagu mereka, mulai dari dance yang terlihat biasa sampai yang luar biasa, seperti AKB48 yang membubuhkan dance untuk memberi “taste” yang berbeda tidak hanya dari nyanyian mereka. Tapi juga ada vocal group yang menyanyikan lagu-lagu mereka tanpa gerakan, hanya gerakan kaki seperti tapping agar dapat merasakan lagu mereka lebih dalam. Vocal group yang tidak menggunakan gerakan yang terlalu berat biasanya lebih memfokuskan pada keahlian suara mereka.
            Secara keseluruhan, dalam vocal group, bila tidak ada variasi aransemen dan kreativitas diantara anggota, nyanyian yang bagus dan menarik tak terjamin akan terbentuk, karena “jantung” dari vocal group adalah aransemen yang unik itu sendiri.
        



 Oleh : Hilman Christifano   XI-IA4/33

No comments:

Post a Comment