Friday, January 25, 2013

Solo Instrumentalist



Apa itu solo instrumentalist?
Solo instrumentalist adalah profesi sebagai soloist pemain instrument (alat) musik.
Apakah soloist dalam konteks musik?
Soloist adalah pemain musik yang secara profesi tampil tunggal atau independent dalam pengertian bukan dalam format musik duet (berdua) , trio (bertiga) atau quartet (berempat) dan sebagainya.
Seperti apa format penampilan secara musikal maupun di panggung, bagi solo instrumentalist?
Ada beberapa format yang umum diketahui :
Dalam musik klasik seorang soloist, bisa saja tampil membawakan lagunya sendiri tanpa iringan apa-apa. Namun, seorang solist dalam dunia showbiz atau industri hiburan biasa tampil dengan iringan musik dibelakangnya, supaya tidak berkesan ‘gundul’. Tanpa musik pengiring, kita tidak akan terbayang lagu yang dibawakan ini suasananya seperti apa. Sama seperti kita menyanyi sendiri tanpa iringan musik. Sama seperti kita berniat nyanyi karaoke tanpa iringan musik karaokenya. Sama seperti kita menyanyi dirumah atau dikamar mandi, tanpa iringan apa-apa. Itulah gunanya musik pengiring, untuk membangun suasana musikal secara lengkap dan utuh. Dalam penampilan musikal dan panggung, seorang solist bisa tampil di iringi band, orchestra, atau bahkan DJ , hingga berbagai format pengiring lainnya.
Pemain solo bukanlah pengiring, mereka tidak mengiringi tapi justru memimpin di depan. Mereka adalah bintang utama, sama seperti penyanyi  yang membawakan lead vocal, bukan back vocal. Solist membawakan tema utama dari lagu. Berbeda dengan pengiring yang membawakan semua elemen musikal yang bersifat mengiringi tema/melodi utama dari lagi.




Ersen  XI-IA4/4

No comments:

Post a Comment