Friday, January 25, 2013

Keroncong



Keroncong sangat tidak familiar lagi di telinga masyarakat Indonesia. DI mana keroncong itu sendiri merupakan suatu nama dari instrumen musik seperti ukulele yang menjadi jenis musik khas Indonesia yang menggunakan instrumen musik keroncong, flute, dan seorang penyanyi wanita. Walaupun begitu paradigma tentang musik keroncong telah berkembang dengan seiringnya waktu.

Pada saat keroncong pertama kali dimainkan, para pemain musik menggunakan alat-alat seperti sitar India, rebab, sulingbamboo, gendang sebagai satu set gamelan dan gong. Tetapi dengan berkembangnya zaman alat musik yang dipakai dalam orkes keroncong antara lain, ukulelecuk, ukulele cak, dang tar akustik sebagai gitar melodi kemudian terdapat flute (menggantikan suling bamboo), cello (menggantikan kendang), kontrabas  (menggantikan gong)
Penyanyi keroncong dari rakyat Indonesia yang cukup terkenal adalah Mus Mulyadi. Beliau sendiri lahir di Surabaya, ia dapat melakukan perubahantangga nada hinggan enam tangga nada, beliau sendiri telah membuat 80 album keroncong! Di mana beberapa diantaranya merupakan album rohani.

Tokoh lain yang berpengaruh pada musik keroncong Indonesia adalah Waljinah. Ia merupakan salah satu penyanyi keroncong terbaik Indonesia. Tidak hanya terkenal di dalam negeri tetapi beliau juga terkenal sampai di negara tetangga, yaitu Malaysia. Yang membuat saya juga mengagumi beliau adalah usahanya dan kepeduliannya untuk melestarikan musik keroncong. Salah satu cara yang ditempunya adalah dengan berduet dengan Chrisye, seorag penyanyi pop, dalam album yang dibuatnya yang meikat banyak penggemar musik pop untuk memulai menyukai musik keroncong, bahkan untuk di kalangan muda. (Sumber: http://www.annerhia.com/penyanyi-keroncong,htm)








Christian Redian
XI-IA4/08

No comments:

Post a Comment