Friday, January 25, 2013

Menjadi Tim Paduan Suara Yang Baik

Membentuk tim paduan suara yang baik memang tidaklah mudah selain karena terdiri dari beberapa orang tim paduan suara juga terdiri dari beberapa karakter suara yang berbeda dan itu harus dipadukan menjadi satu suara yang enak didengar.
Dalam membentuk tim paduan suara yang baik perlu diperhatikan beberapa hal. Individu, kelompok dan juga dirigen.
Individu
    Individu dalam paduan suara adalah hal yang penting dan dasar. Jika dari satu orang saja sudah tidak mempunyai niat maka itu bisa menghancurkan seluruh tim. Yang pertama harus diperhatikan adalah kesadaran diri bahwa dalam paduan suara dia menyanyi tidak hanya dari dan untuk dirinya sendiri tetapi dari tim tersebut dan ditujukan untuk timnya sendiri dan orang yang mendengarnya.
    Dalam paduan suara kita harus saling menyadari satu sama lain yang ada dalam tim. Kita harus mengatur suara dan teknik vocal kita. Jangan menyanyi terlalu keras dan jangan terlalu menonjolkan suara sendiri seperti mengeluarkan vibra setiap saat hal itu dapat membuat paduan suara menjadi tidak satu
Kelompok
Dalam kelompok hal yang harus diperhatikan adalah kekompakan dan kerja sama tim. Semua anggota tim paduan suara harus menghargai semua anggota meskipun berbeda jenis suara. Karena perbedaan dalam paduan suara jika bisa disatukan maka akan menjadi sesuatu yang indah.
Lalu hal lain yang harus diperhatikan dalam kelompok adalah kekompakan. Untuk melatih kekompakan tim harus seing mengadakan latihan bersama. Hal ini ditujukan agar tim sering bertemu dan mendekatkan perorangan










Dirigen
    Dirigen merupakan kunci penting dalam tim paduan suara. Tanpa dirigen sekompak apapun tim tersebut tetap tidak akan kelihatan maksimal. Karena dalam setiap hal kita tetap membutuhkan sudut pandang orang ketiga. Maka tugas dirigen adalah melihat tim tersebut seperti penonton melihat tim tersebut dan dari situ dirigen bisa mengatur kelebihan dan kekurangan dari tim paduan suara tersebut.
    Dirigen juga bisa bertindak sebagai pemimpin dari tim paduan suara tersebut karena dia tahu kekuarangan dan hal hal yang harus ditambah dalam tim tersebut. Dia bisa mengatur suara yang ingin dikeluarkan dan bisa mengatur alur dari lagu yang dimainkan.












Eric Theddy  XI-IA4/12

No comments:

Post a Comment