Friday, January 25, 2013

Lomba Vokal Grup



 Salah satu kegiatan yang menarik bagi pembelajaran seni di St. Louis adalah keharusan untuk membentuk vokal group yang terdiri dari 10 orang. Jadi tiap kelas memiliki 4 vokal group dan tentu saja anggota per kelas diacak agar yang berbakat musik tidak bergerombol menjadi satu.
            Kami diberi satu lagu untuk dipelajari dan dikembangkan lagi menjadi suatu aransemen bikinan kami sendiri. Sebagian dari kami merasa kesulitan untuk mengaransemennya karena hal itu membutuhkan banyak latihan sedangkan waktu yang tersedia sedikit.
            Kami dibimbing dan diberitahu oleh guru seni musik kami, Pak Yulius untuk memecah suara menjadi 2 atau kalau bisa 3. Tapi tentu saja hal itu sangatlah susah. Butuh banyak sekali latihan yang ada untuk melakukan hal tersebut.
            Untuk mengatasi hal tersebut, 1 atau 2 orang harus bisa membuat aransemennya terlebih dahulu sehingga ketika latihan bisa langsung praktek dan maksimal hasilnya.


            Hampir setiap hari ditemui banyak kelompok yang berada di lorong-lorong kelas XI untuk tidak pulang ke rumah dulu ketika pulang sekolah dan latihan vokal group. Ini adalah gambar salah satu dari mereka.


            Seminggu kemudian, Pak Yulius pun ingin melihat perkembangan kami. Kami diminta untuk bertindak seolah-olah sedang tampil di panggung dengan murid-murid kelas sebagai pendengarnya. Sebagian kelompok sudah bagus tetapi masih harus diperbaiki lagi, sebagian lagi masih fals, suaranya belum dipecah, dsb sehingga itu berarti masih harus banyak latihan lagi.

            Ketika hari untuk penilaian telah tiba, masih tetap saja ada kelompok belum siap dan akibatnya, mereka mendapat nilai yang pas-pas an. Tetapi bagi kelompok yang sudah siap, hal itu menjadi penantian bagi mereka karena telah yakin akan kemampuan vokal groupnya.






            Sheny C.T
XI-IA4/06

No comments:

Post a Comment