Friday, January 25, 2013

Dangdut



Musikdangduttelahdikenalluassebagaimusikrakyatkhususnyadengantingkatekonomimenengahkebawah.Hampirsemuarakyatkelaspekerjasangatmencintaimusikdangdut.Banyaksekalimusisi-musisidangdut yang berhasilsuksesdanterkenalberkatbakat di bidangmusikdangdut.Namun, hanyasedikitmasyarakat yang mengetahuiasal-muasaldarimusikdangdutitusendiri.Awalmulanya, musikdangdutberasaldarimusikmelayu yang berkembangpadasekitartahun 1940-an. Namunpadaperkembangannyasekarang, musikdangduttidakhanyadipengaruhiolehmusikmelayu, tapijugadipengaruhiolehmusikdari India dan Arab. Musik India sangatmempengaruhimusikdangdut, terutamamasalahdigunakannyatabladarimusik India.Untukmasalahcengkoksertaharmonisasimusik, dangdutmendapatkanpengaruhbesardarimusik India.
Musikdangdutsangatlahunikdanmenarik.Dengancengkoksertaharmonisasimusik yang iamiliki, tidaklahgampangbagi orang biasauntukmenyanyikannya. Perlutekniksuaraperutsertanafas yang kuatdalammenyanyikanmusikini.Dengan nada yang mendayusertaharmonisasi yang panjang, musikinicenderungmenggunakanalatGendang, Suling, Gitar, Bass, Drum. Keyboard. Tambourine, Mandolin, Terompet, Saxophonenamunpadaumumnyaalatmusikdangdutmenggunakantabladangendangkarenaduaalatinilah yang menrupakancirikhasmusikdangdut.
Banyaksekalimusisidangdut yang menjadilegendamusiktanah air. Dari semuanama, tampaknya Haji RhomaIramaadalah yang paling tenardan paling digandrungiolehparapencintamusikdangdut. LaguRhomaIrama yang diiringiolehSoneta Group selalusajamendapatkantempatkhususdihatiparapenggemar.Lagu-lagusepertiDarahMudadanjugaBegadangselalusajadidendangkanolehmasyarakathinggasaatini.MeskipunRhomaIramahampirtidakbergoyangsaatbernyanyi (RhomaIramadanSoneta Group selaluhanyabergoyangkekiridankekanan), tetapsajadiabisamembuatribuanpenontonkonsernyaberjogetterus.
Era Dangdutmasakini pun tetapsemarak.Namunapabiladuluhanyamemasukkanunsurmusik yang indahdalamsetiaplagunya, kinitelahbanyaklagu-lagudangdut yang berasaldarimusik pop maupun rock yang di remix ulang.





Oleh: Elisa XI-IA4/28

No comments:

Post a Comment